Selasa, 25 November 2008

Perlukah Kita Mempersiapkan Diri

Setiap insan pasti memerlukan sesuatu dalam hidupnya, baik itu yang bersifat dhohir maupun batin. Kebutuhan yang mereka perlukanpun berbeda-beda, karena kehidupan kitapun berbeda, dan masa-masa yang kita jalanipun berbeda. Ada yang sedang menjalani masa kanak-kanaknya yang pastinya perlu adanya kasih sayang dari orangtuanya, ada yang sedang menjajaki masa remajanya, dimana mereka sedang mencari-cari jati diri mereka, ada pula yang sedang menjalani masa-masa tuanya, dimana mereka harus bisa menjadi panutan oleh anak-anaknya dan juga mencari nafkah buat keluarganya. Inilah kenyataan yang ada di dunia ini, siapa saja yang kurang siap dalam menghadapi masa-masa yang sedang dihadapinya, bisa jadi mereka akan dibuat stres bahkan tak sanggup lagi tuk menjalani masa-masa hidupnya tadi . Maka tidak mngherankan kalau banyak orang yang mengakhiri kehidupanya dengan bunuh diri gara-gara mereka tidak siap dengan kehidupan yang sedang dijalaninya. Sesuai kondisi yang ada akan sangat perlu bagi kita untuk mempersiapkan segala keperluan yang kita butuhkan sedini mungkin, sebab kalau tidak sekarang kapan lagi sobat?

Kondisi terkadang memaksa kita untuk berbuat yang lebih baik, tapi disisi lain faktor yang ada dalam tubuh kita berkehendak lain, so hasilnyapun tidak sesuai dengan harapan. Tapi bagaimanapun itu semua akan terjadi dalam alam kehidupan kita, yang mau tidak mau harus kita selesaikan dan kita hadapi satu demi satu. Jangan lemah menghadapi persoalan yang sepele tapi persoalan sepele seperti apapun juga jangan kau acuhkan begitu saja, sebab dari soal yang sepele inilah akan berkembang menjadi soal yang besar jika tidak diperhatikan sedini mungkin.
Waktu terkadang membuat kita merasa nyaman dalam hidup, bahkan membuat kita betah untuk tetap hidup dalam kehidupan kita, padahal kehidupan sebenarnya tidak seperti yang kita bayangkan, dimana kita sering melirik dunia ini seakan-akan seperti surga yang penuh dengan kesenangan tapi yang tak kita sadari justru waktu itulah yang akan membuat kita menyesal dikemudian hari. Seperti yang dikatakan oleh Imam Ghazali dalam kitabnya “Ihya Ulumuddin” , beliau mengungkapkan bahwa siapa saja yang menyangka bahwa dunia itu bisa membuat bahagia 1 jam saja maka dia akan menyesal selama setahun lamanya.

So, apa persiapan yang mesti kita lakukan? Apakah itu bersifat materi aja atau dhohir, ataupun fisik aja, tentunya keseimbangan antara kesemuanya itu, kalau sudah benar-benar seimbang, hasil yang akan kita peroleh nantinyapun akan fantastik.

Tidak ada komentar: