Sabtu, 21 Februari 2009

Six Day to Read 5 cm’s Novel

Six Day to Read 5 cm’s Novel


Berawal dari keinginanku untuk mencari the good words on the 5 cm’s Novel, salah satu buku best seller karya dari Donny Dhirgantoro. Dalam buku tersebut penulis(aku) mendapatkan pelajaran yang cukup berharga, dimana sang penulis novel tersebut mengajarkan kepada kita untuk selalu mengejar cita-cita dan mimpi yang kita inginkan.


Isinya bagus dan memberikan cukup pengalaman hidup, terutama bagi para pemuda yang berumuran sekitar 20 keatas. Aku juga mengumpulkan kata-kata bagus dari novel tersebut, misalnya nih “you are the driver not a passenger in life”, kata ini memberitahukan bahwa dalam kehidupan ini, kita harus bisa menjadi bos bagi diri kita sendiri, bukan sebagai penumpang yang mau diajak kemana aja terserah supir yang mengemudikan gerakan arah kita.

Dalam novel ini menceritakan bahwa ada lima kaula muda yang akrab dalam berteman, dan boleh dikata mereka tahu apa aja kekurangan dan kelebihan dari masing-masing karena kedekatan mereka. Mereka adalah Genta, Arial dengan panggilan akrabnya si Rambo, Riani( dari berlima dialah yang paling cantik, karena dia cewe sendiri diantara komunitas mereka), Ian(yang sering diledek dengan sebutan teletubis dari Dufan karena badanya yang gemuk), dan terakhir adalah Zafran dengan panggilan akrabnya si Juple(sang Penyair handal, apa aja yang ditemuinya selalu aja dibuat puisi).

Cerita yang paling menegangkan dan seru dalam novel itu adalah ketika mereka melakukan journey ke gunung Mahameru(gunung tertinggi di pulau jawa) yang letaknya di Jawa Timur, dimana ada yang namanya Ranupane yang dihiasi dengan pemandangan yang sangat indah, ada Ranu Kumbolo yang sangat indah dan menyejukan dengan tempatnya yang ada danaunya, Arcopodo yang namanya diambil dari bahasa jawa Arco(patung), podo(kembar) dan kononnya dua patung itu bisa dilihat oleh orang yang dikasih hidayah penglihatan yang lebih dari biasanya, karena hanya segelintir orang saja yang pernah melihat patung tersebut kalau mendaki Mahameru. Bahkan waktu di Mahameru tersebut hampir saja si Ian(salah tokoh tersebut) mati terkena terkena batu pada kepalanya ketika ada batu-batu yang bergelindingan dari atas saat mau sampai di puncak Mahameru. Dan juga perjuangan mereka yang tak ada henti-hentinya untuk sampai ke puncak Mahameru. Kamu tahu apa yang membikin mereka semangat untuk sampai ke puncak? Karena mereka memang punya kunci dalam diri masing-masing, what’s that? Ini kuncinya”setiap kamu punya mimpi atau keinginan atau cita-cita, kamu taruh disini, di depan kening kamu, jangan menempel, biarkan dia menggantung, mengambang 5 cm di depan kening kamu”. Ini yang membuat mereka sampai ke puncak walau berbagai halangan dari mulai hawa dingin pegunungan, jalan setapak yang terus menanjak, kalimati yang menyeramkan dan lain sebagainya. Dan kunci ini juga yang penulis novel tekankan pada para pembaca untuk bisa tahan dan selalu semangat dalam memperjuangkan cita-cita yang pembaca angankan itu.

Untuk membaca novel ini, aku menghabiskan 6 hariku, dan ini yang paling cepet seukuran bacaan novel yang pernah aku baca, maklum aku orangnya ngga betah kalau suruh baca terus. Untuk kallam akhir dariku adalah remember that this world is for those who want to fight.
Cairo, February 2009, 21


Tidak ada komentar: