Minggu, 18 Januari 2009

Secercah Sinar yang Menembus Kegelapan

Secercah Sinar yang Menembus Kegelapan

“Ya Alloh, ujianku tinggal hitungan jam lagi, tapi kenapa hatiku risau dibuatnya”, inilah kata hatiku dua hari sebelum ujian. Memang pada waktu itu, aku merasa tak sanggup menghadapi ujian yang akan di mulai selang dua hari kemudian. Padahal sudah jauh hari aku berusaha untuk membaca, memahami dan menulis ringkasan, tapi rasanya masih tetap saja kurang sebab kekurangan dan kelemahan yang bersarang dalam jiwaku masih terus menyerang. Aku sempat mengeluhkan rasa yang sedang aku rasakan ini pada salah satu seniorku,ya dia adalah M. Luthfi Anshori, mahasiswa tingkat 4 di fakultas ushuluddin, dan diapun meresponya dengan hangat dan sempat membuat hatiku tenang, setidaknya bisa mengurangi beban yang sedang memberatkan hatiku.


Akupun berusaha mengumpulkan sisa-sisa kekuatanku, dan rasa optimisku walaupun di hati sempat terlintas rasa pesimis. Dalam waktu yang tinggal beberapa jam itulah aku berusaha menenangkan hatiku dan pikiranku, dengan ungkapan yang sederhana, tapi mempunyai makna, ”yah, kamu bisa jib, jika kau mau bergerak dan melakukanya, aku yakin kau bisa mendapatkan hasil yang kau harapkan”.itulah ungkapku yang mempunyai kekuatan makna bagiku. Akhirnya setelah hati dan pikiran mulai tenang, mulailah timbul secercah sinar dalam hatiku, sinar yang membawaku untuk selalu maju, sinar yang membawaku untuk selalu kuat dalam menghadapi permasalahan yang ada dan sinar yang membuatku optimis bahwa aku bisa.

Disela-sela belajarku, sempat aku menghitung ujianku tinggal 36 jam lagi, makanya dengan sedikit waktu itulah aku berusaha mengaturnya dan membingkisnya dengan sangat bagus, hampir tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Terus aku menghitung berapa waktu lagi yang tersisa buatku untuk menghadapi ujian yang akan aku hadapi itu, seketika itu juga aku kerahkan apa yang ada dalam diriku untuk mempersiapkan diri. Dan ketika ujian tiba, alhamdulilah akupun mampu mengerjakanya dengan baik dengan izin Kekasih hatiku, Alloh Swt. Aku berharap dengan tulisan ini bisa berguna bagi siapa saja yang membaca bahwa tidak ada kata sulit, jikalau kau mau melakukanya. Sebab sesuatu yang berharga tidak mudah di dapat melainkan dengan pengorbanan yang besar, seperti untaian kata dari seorang yang bijak yang penuh makna” If you got something, you lose something”. Cobalah pahami akan arti dari untaian kata itu.

Kairo, 19 Januari 2009( di tengah malam musim dingin)


Tidak ada komentar: